uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Rangkuman Materi PLBJ Kelas 6 KD 3.1 | Mengenal Sejarah dan Kesenian Ondel-ondel


Mengenal Sejarah, Lagu dan Tarian Ondel-Ondel


Rangkuman Materi PLBJ Kelas 6 KD 3.1 | Mengenal Sejarah dan Kesenian Ondel-ondel

Sejarah singkat ondel-ondel

Ondel-ondel merupakan kesenian khas Betawi. Ondel-ondel juga merupakan kesenian boneka yang konon sudah ada sejak zaman pra Islam di Pulau Jawa. Tak jarang Ondel-ondel juga di kaitkan dengan hal-hal mistis dan dunia magis.

Awal mulanya ondel-ondel dijadikan symbol penjaga sebuah kampung dari segala bentuk ancama baik bencana, bahaya, maupun wabah penyakit. Hal itu yang menjadi penyebab mengapa ondel-ondel memiliki wajah yang seram, ketika sebagian besar boneka umumnya memiliki rupa yang imut dan menarik.

Ondel-ondel terbuat dari bahan kayu. Pada bagian tengah biasanya menggunakan kurungan ayam atau dongdang yang terbuat dari bambu. Ondel-ondel memiliki diameter 1,5 meter dengan tinggi bisa sampai 4 meter.

Ondel-onel terdiri dari dua jenis, yaitu laki-laki dan perempuan. Ondel-ondel laki-laki memiliki wajah merah sementara yang peremuan memiki wajah putih. Rambut ondel-ondel berasal dari ijuk dan ditambah pernak-pernik.


Rangkuman Materi PLBJ Kelas 6 KD 3.1 | Mengenal Sejarah dan Kesenian Ondel-ondel

Lagu ondel-ondel


Lagu ondel-ondel diciptakan oleh Djoko Subagyo pada tahun 1970 dan dipopulerkan kembali oleh Beyamin Sueb. Lagu ondel-odel itu sendiri mencerminkan tingkah ondel-ondel yang sedang di arak dalam acara adat Betawi. Berikut ini lirik lagu ondel-ondel

Lirik Lagu Ondel-Ondel


Nyok kite nonton ondel-ondel, (nyok!)
Nyok kite ngarak ondel-ondel, (nyok!)
Ondel-ondel ade anaknye, (woi!)
Anaknya ngigel ter-iteran, (oi!)

Mak, Bapak ondel-ondel ngibing, (ser!)
Ngarak penganten di sunatin, (serr!)
Goyangnye asik ndut-ndutan, (ndut!)
Nyang ngibing igel-igelan, (gel!)

Plak dung plak dung plang, gendang nyaring di tepak
Yang ngiringin mandek, pada surak-surak
Tangan iseng jailin, kepale anak ondel-ondel
Taroin puntungan, rambut kebakaran

Anak ondel-ondel jejingkrakan, (krak!)
Kepalenye nyale berkobaran, (ngebul!)
Yang ngarak pade kebingungan, (ngung!)
Disiramin air comberan, (byur!)

Plak dung…

Liriknya yang jenaka serta pembawaan ulang dari Beyamin Sueb membuat lagu ondel-ondel masuk dalam daftar lagu daerah khas Betawi. Berikut video dari Beyamin saat membawakan ulang lagu Ondel-ondel >>>> lagu  Ondel-ondel <<<

Rangkuman Materi PLBJ Kelas 6 KD 3.1 | Mengenal Sejarah dan Kesenian Ondel-ondel

Tarian Ondel-Ondel

Selain lagu, ondel-ondel juga memiliki Tarian. Tari ondel-ondel adalah tarian yang sering ditampilkan pada pesta-pesta rakyat. Tari ondel-ondel menggambarkan memerankan leluruh atau nenek moyang yang senantiasa menjaga keterunannya.
Tari ondel-ondel berbeda dengan tarian lainnya yang mayoritas hadir dari lingkungan kraton. Tari ondel-ondel lahir ditengah masyarakat dengan penuh kesederhanaan. Oleh karenanya tari ondel-ondel digolongkan kesenian rakyat. Tari ondel-ondel paling ditampilkan oleh 4 orang penari. Namun tak jarang di tampilkan oleh 1 atau 2 orang saja. Dengan pola lantai sejajar.

Berikut adalah contoh latihan tari ondel-ondel >>>> tari ondel-ondel <<< jika kalian sudah menonton video tersebut. Coba peragakan sebisa mu.

Oke sobat, Cerdik demikanlah pembahasan kita dari mulai sejarah ondel-ondel, lagu hingga tarian ondel-ondel. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan konsultasikan kepada guru mu. Atau tinggal kesan mu di kolom komentar.. dan subcribe dengan email kalian. Lanjut baca

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment