uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Cara membedakan bambu petuk asli


Cara membedakan bambu petuk asli

Untuk membedakan bambu petuk yang asli kita harus mengenal karakter bambu terlebih dahulu. Bambu adalah tumbuhan sejenis dengan rumput dengan perkembangbiakan secara rizoma. Dalam kurun waktu satu hari bambu bisa tumbuh sampe 60 cm bahkan lebih.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering memanfaatkan bambu mungkin menjadi tiang jemuran, kayu penyanggah dan lain sebagainya. Namun banyak sisi lain dari bambu yang jarang untuk di ketahui. Misalnya bambu ternyata juga bisa dimakan. Tunas bambu yang sering disebut rebung ternyata bisa dimakan.

Nah, dari sekian banyak banyak jenis bambu ada hal yang spesial yaitu bambu petuk. Bambu petuk sama seperti bambu lainnya, namun memiliki tingkat kespesialan. Kata “petuk” dalam bahasa jawa berarti bertemu. Bambu petuk dapat diartikan secara umum adalah bambu yang kedua ruasnya saling berhadapan atau bertemu.

Bambu petuk itu sendiri merupakan kelainan pertumbuhan yang dialami oleh bambu. Hingga sangat sulit untuk menemukan bahkan menanam bambu petuk dengan sengaja. Namun belakangan ini banyak sekali orang yang mencoba untuk membuat bambu biasa seolah-olah menjadi “petuk” alias menjadi bambu petuk.


Selain bentuknya yang unik, hingga pada lektor berani membeli dengan harga selangit. Bambu petuk juga sering dijadikan jimat atau sesembahan orang-orang yang mempercayai hal mistis. Hingga banyak oknum membuat bambu biasa menjadi bambu yang seolah “petuk” untuk mengeruk keuntungan dengan cepat.

untuk mengindari hal itu terjadi maka kita harus mengetahui bagian-bagian dari bambu. Pada saat sebuah bambu dikatakan bambu petok. Dan bagaimana sebuah bambu petuk diakui menjadi bambu petuk. Dan yang paling akir adalah cara membedakan mambu petuk yang asli dan palsu.

Ciri-ciri bambu petuk asli

Bambu petuk dianggap asli apabila tumbuh secara alami. Tidak mengalami proses modifikasi manusia dengan cara menyabung, cat, kerik, dan dempul. Jika bambu syarat kealamian terpenuhi dan telah melewati proses verivikasi tester maka bisa dianggap bambu petuk asli

Cara membedakan bambu petuk asli – mengenal bagian-bagian bambu

Kita memiliki cara membedakan bambu petuk asli. Yang pertama adalah kita harus mengenal bagian-bagian bambu. Batang bambu atau culm adalah bagian yang paling sering digunakan manusia. bambu itu sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu batang, bongkot, dan akar.

Bagian paling bawah adalah akar rizoma atau akar umbi yang terdiri dari bagian-bagian kecil akar yang bertugas menopang sekaligus mencari makanan dan air di dalam tanah. Semakin jauh kedalam tanah maka semakin kecil pula hingga tidak memiliki akar bambu.

Bagian diatas rizoma adalah pangkal atau bongkot. Bagian ini sebagian terlihat diatas permukaan tanah. Dan bagian ini pula yang terhubung langsung dengan bagian rizoma. Bongkot juga merupakan tempat tumbuh mata tunas yang kemudian akan menjadi rebung.

Bagian batang adalah bagian yang keluar dari permukaan tanah. Berbentu bulat, lurus, dan terdiri dari ruas-ruas. Setiap ruas dibatasi oleh skat ruas atau buku. Pada masing-masing skat ruas atau buku bambu terdapat dua cincin yang melingkar.

Cincin bagian bawah disebuat cicin kelopak atau cincin pelepah. Cincin pelepah ini merupakan tempat kelopak batang bambu melekat hingga jika kita perhatikan secara seksama pada bagian ini sering terlihat bekas pelepas yang lepas. Sementara pada bagian atas disebut cincin tunas. Cincin tunas muncul karena efek yang ditinggalkan saat bambu menumbuhkan ruas baru.

Cara membedakan bambu petuk asli – fokus pada batang

Bambu pada umumnya memiliki ruas yang akan menghadap keatas. Sangat kecil kemungkinan ada kelainan pada batang bambu hingga menyebabkan salah satu ruas menghadap ke bawah. Jika ada adalah satu ruas bambu pada batang bambu menghadap ke bawah berarti dapat dikatakan bambu itu “petuk.” Namun perbandinganya adalah 1 berbanding seratus juta, bahkan lebih.

Karena sangat langka dan banyak orang yang mencari dengan berbagai kepentingan maka banyak oknum yang merekasaya bambu biasa menjadi bambu petuk. Adapun beberapa hal yang perlu dicek untuk memastikan bambu petuk itu asli atau palsu dengan beberapa cara

1. Meneliti warna batang bambu

Cara membedakan bambu petuk asli yang pertama dalah meneliti warna batang bambu. Biasanya bambu yang sudah diubah dicat ulang hingga menyerupai warna bambu asli. Namun sebagaimanapun itu tetaplah perwana buatan yang tak abadi. Untuk cara membedakan bambu petuk asli dari meneliti batang bambu dengan mengerik menggunakan kuku secara perlahan. Jika ada lapisan yang luntur dan pada bagian dalam ada yang berbeda maka sudah dapat dipastikan bambu itu telah mengalami pengecetan ulang. Bambu petuk yang asli tidak boleh mengalami pengecetan.

2. Lihat dengan teliti dibagian ruas

Cara membedakan bambu petuk asli yang kedua adalah melihat dengan teliti pada bagian ruas. Okun yang segaja ingin memalsukan bambu menjadi bambu petuk sering kali melakukan soket atau sabungan dibagian tengah. Ciri-ciri bambu yang mengalami sambungan dibagain tengah adalah memiliki cela atau goresan melingkar yang bersambung sempurna. Jika ada tanda-tanda demikian maka wajib kita mencurigainya. Jika warnanya sudah disamparkan coba dibersihkan dengan air dan kerik dengan kuku secara perlahan.


3.  Meneliti batas ruas

Cara membedakan bambu petuk asli ketiga adalah melihat batas ruas. Ingat batas ruas terdiri dari dua bagian yang pertama cincin pelepah dan kedua adalah cincin tunas. Yang banyak terjadi adalah mengerik cincin tunas dan menghilangkannya. Hingga yang terlihat seolah cincin pelepah menjadi cincin tunas. Maka teliti dengan baik bagian ruas ini. Jika da bagian yang dikerik maka kita wajib mencurigainya.

4. Melihat mata bambu

Cara membedakan bambu petuk asli keempat adalah dengan melihat dengan seksama bagian mata bambu. Banyak oknum juga melakukan proses penyambungan dan membuat mata buatan dengan cara di tempel lalu di cat seolah-olah alami. Jika ada bekas goresan pisau maka kita wajib waspada.

5. Membelah bambu

Cara membedakan bambu petuk asli terakhir dan paling ekstrim adalah dengan cara membelah bambu tersebut. Cara ini adalah cara paling ekstrim dan tidak disarankan untuk amatir karena membutuhkan pertanggung jawaban yang besar. Hanya para professional yang bersertifikan tester yang berhak mengajukan proses belah bambu. Dan itupun atas persetujuan pemiliki bambu. Dengan membelah bambu kita akan melihat dengan jelas, arah cengkungan ruas mengarah ke atas semua atau petuk.

Demikian cara membedakan bambu petuk yang asli dan yang palsu. Artikel ini bertujuan untuk menyebarluaskan pengetahuan admin yang didapat setelah beberapa kali melihat dan memperhatikan secara seksama seorang tester bambu ternama yaitu Paul Hendrawan. Agar dalam melakukan transaksi pembelian bambu petuk semua pihak harus berhati-hati.


Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment