uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Mengenal kuliner khas Betawi PLBJ Kls 6

Mengenal kuliner khas Betawi Materi kelas 6 SD

Kuliner khas Betawi

Selain kesenian ondel-ondel, tarian ondel-ondel serta rumah kebaya. Betawi sebagai sebuah suku juga memiliki makanan khas. Makanan ini hanya bisa dijumpai di Betawi atau hanya dibuat oleh orang-orang Betawi yang di wariskan secara turun temurun.

Makanan khas ini sudah sangat terkenal kelezatanya, hingga tak jarang para wisatawan dari luar kota atau luar negeri menyempatkan diri untuk mencicipi makanan khas ini. Berikut makanan khas Betawi yang patut kita ketahui dan bila ada kesempatan jangan lupa untuk mencoba.

Kerak telor

Siapa yang tak kenal kerak telor. Makanan khas Betawi satu ini sudah sangat familiar namanya. Makanan ini menjadi makanan favorit warga Jakarta. Adapun bahan-bahan dalam pembuatan kerak telor diantaranya adalah beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang telah disangrai sampai kering hingga serupa dengan serundeng, tak lupa dengan bawang goreng untuk menguatkan aroma kemudian diberi bumbu kelapa sangrai dan lainya.

Selain cita rasa yang khas, cara memasaknyapun terbilang unik. Dalam proses memasak ketika telur sudah setengah matang maka wajan akan dibalik menghadap anglo. Kemudian dibiarkan seperti itu hingga matang.

Nasi uduk

Kuliner yang tak kalah populernya adalah nasi uduk. Cara membuat nasi uduk adalah dengan diaron menggunakan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan serai kemudian dikukus hingga matang. Rasa yang gurih dan aroma yang kuat tentu memberikan kesan mantap bagi para penikmatnya.

Nasi uduk akan terasa lebih lengkap dengan taburan bawang goreng, semur tahu atau jengkol, tempe tepung goreng dan sambal dan tak lupa teh manis hangat.

Gado-gado

Makanan selajutnya adalah gado-gado. Gado-gado terdiri dari campuran sayur-sayuran yang telah dikukus, kentang, tahu, tempe dan telur dan campur dengan sambal kacang. Gado-gado sangat cocok untuk orang-orang yang sedang diet atau vegetarian. Gado-gado akan terasa lebih lengkap dengan tambahan kerupuk dan nasi hangat.

Roti buaya

Roti buaya selain merupakan makanan khas Betawi, ia juga sering dijadikan seserahan saat proses perkawinan adat Betawi. Dalam kepercayaan adat Betawi buaya dianggap sebagai simbol kesetiaan dan sudah diwariskan secara turun-temurun. Roti buaya biasanya berukuran 50 cm.

Putu mayang

Putu mayang merupakan kue khas tradisional Betawi yang terbuat dari tepung kanji dan tepung beras dan dibentuk seperti mie dengan berbagai warna yang menarik. Kue putu mayang dicampur dengan santan kelapa lalu disajikan dengan kinca atau gula jawa cair.

Bir pletok

Kuliner Betawi selanjutnya adalah minuman khas Betawi yaitu bir pletok. Kata “pletok” diambil dari bunyi yang muncul ketika tutup botol terbuka dari botolnya. Bir pletok ini sangat berkhasiat untuk kesehatan.

Dibuat dengan bahan dasar rempah-rempah khas Indonesia dengan campuran jahe, daun pandan dan serai. Untuk menarik pembeli bir ini biasanya ditambah dengan campuran kayu secan yang memunculkan warna merah ketika ditambah dengan air panas.

Nah, itu dia kawan-kawan beberapa kuliner khas Betawi. Sebenarnya masih banyak lagi kuliner khas Betawi seperti semur jengkol, soto Betawi, asinan Betawi, kue cucur, dodol Betawi, kue rangi, kue talam, kue cente manis, getuk lindri, roti gambang, es goder, kue pancong, nasi ulam, kue ape, soto tangkar, kembang goyang, selendang mayang, kue lupis, ketupat sayur, kue geplak, ketupat babacin, gabus pucung, sengkulun, sayur besan, bubur ase, es goyang.

Namun itulah enam kuliner yang wajib kita ketahui dan bila ada kesempatan kita harus mencobanya. Demikian materi kita hari ini tentang kuliner khas Betawi. Bila ada pertanyaan-pertanyaan silakan tinggalkan di kolom komentar. Dan jangan lupa untuk subscribe web ini agar mendapatkan update terbaru. Caranya dengan cari mengisi kolom subscribe dengan email kalian. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca Juga

Materi PLBJ K.D 3.1 Kesenian Ondel-ondel

Memahami teks eksplanasi 






Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment