uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Perkembangbiakan Vegetatif pada tumbuhan Materi Kelas 6 SD T1 ST1 PB3


Perkembangbikan Vegetatif Kelas 6 SD| Materi T1ST1PB3

Perkembangbiakan Vegetatif pada tumbuhan Materi Kelas 6 SD T1 ST1 PB3

Haloo Sobat Cerdik, setelah kita mempelajari perkembangbiakan generatif, pada pembelajaran 3 subtema 1 tema 1 ini kita kan mempelajari tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan cara vegetatif.

Perkembanganbiakan vegetatif pada tumbuhan adalah perkembangbiakan yang dilakukan tanpa melalui proses perkawinan (penyerbukan). Makhluk hidup baru atau tumbuhan muncul langsung dari tumbuhan induk.

Tumbuhan induk ini adalah tumbuhan asal dari tumbuhan baru tersebut. Artinya tumbuhan tersebut tidak memerlukan tumbuhan lainnya untuk berkembangbiak. Tumbuhan tersebut melakukan proses perkembangbiakan dengan mandiri.

Beberapa cara perkembangbiakan vegetatif antara lain dengan melalui tunas, stolon atau geragih, umbi, dan spora. Tentu beberapa dari kalian sudah familiar dengan kata tunas dan umbi. Namun apa saja contoh dari tumbuhan-tumbuhan yang berkembang biak dengan cara vegetatif tersebut.

Nah, beberapa contoh tumbuhan melakukan proses perkembangbiakan dengan cara vegetatif antara lain :

Tunas

Tunas adalah bagian tumbuhan baru yang muncul dari bagian tumbuh induk (tumbuhan asal). Beberapa contoh tumbuhan yang menggunakan tunas diantaranya. Pisang, kelapa, nanas, bambu dan masih banyak yang lainnya.

Stolon atau geragih

Stolon atau geragih adalah batang yang tumbuh menyamping dan pada bantang tumbuh mata tunas baru yang berfungsi untuk tempat hidup makhluk baru sejenisnya. Beberapa contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan proses stolon atau geragih antara lain rumput teki, stroberi.

Umbi

Perkembangbiakan dengan cara umbi terdiri dari dua jenis yaitu, umbil lapis dan umbi batang, meskipun pembagian jenis umbi terdiri dari tiga jenis yaitu umbi akar, umbi batang dan umbi lapis. Namun dalam katagori perkembangbiakan hanya dua yang dapat meregenerasi menjadi tumbuhan baru yaitu umbi batang dan umbi lapis.

-   Umbi batang

Umbi batang adalah batang yang tumbuh di dalam tanah dan berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan dan berbentuk umbi. Jika sebuah umbi batang ditanam , maka dari umbi tersebut muncul tunas untuk membentuk tumbuhan baru.

Beberapa tumbuhan yang berkembang biak dengan menggunakan umbil batang adalah, singkong, kentang, ketela

-   Umbi lapis

Umbi lapis adalah daun yang berlapis-lapis tebal sehingga membentuk seperti batang. Umi lapis memiliki fungsi yang sama seperti umbi lainnya yaitu menyimpan cadangan makanan. Pada bagian dasar tumbuh berakar serabut.

Diantara umbi lapis tersebut terdapat bakal tunas. Jika umbi lapis tersebut ditanam maka bakal tunas akan menjadi tunas. Dan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Contoh tumbuhan umbi lapis adalah jenis bawang-bawangan.

Spora

Spora adalah sel yang mempunyai fungsi sebagai alat perkembangbiakan pada tumbuhan paku, lumut dan jamur.

Nah, itu dia Sobat Cerdik beberapa jenis perkembangbiakan vegetatif. Jika ada pertanyaan atau tanggapan tetang artikel ini silakan berikan komentar kalian Sobat CerdikSekarang coba kalian amati tumbuhan yang ada di sekitar kalin. Apakah ia termasuk dalam tumbuh yang berkembangbiak dengan cara generatif atau vegetatif. Selamat mengamati.... Salam Cerdik

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment