uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Tips mengingat cepat (bagian pertama)



sumber gambar : https://hidupsehatmedia.com/337/video-meningkatkan-
kemampuan-mengingat-atau-kecerdasan
/

Bagi kamu yang mengalami kesulitan mengingat dalam belajar tentu menjadi sebuah masalah bukan? Apalagi jika pelajaran-pelajaran tersebut membutuhkan kemampuan mengingat. Misalnya pelajaran sejarah, PKn, atau rumus-rumus yang sulit atau yang lainnya.

Nah pada artikel ini aku akan membagikan tips untuk memperkuat kuat ingatan mu dalam belajar. Baca sampai habis ya... jangan lupa comment-comment. Kamu juga bisa kunjungin dan berdiskusi melalui media sosial lainya.

Membuat Catatan

Meskipun banyak orang tahu mencatat itu penting. Nyatanya banyak orang yang menyepelkan mencatat loh teman-teman. Mencatat dianggap kuno dan ketinggalan zaman. Padalah banyak manfaat saat kita mencatat.

Ketika mencatat syaraf dan sensor motorik pada tangan kita akan merekam gerakan kita. Rekaman Gerakan itu akan disampaikan ke otak. Selain itu dengan mencatat kita diharuskan mendengar dengan baik, melihat tulisan catatan kita. yang semuanya juga dapat memperkuat memori di otak kita.


Catatan yang unik

Banyak orang yang sudah mencatat tapi tidak bisa “membaca” catatannya. Artinya orang tersebut sebut tidak paham apa yang dia tulis. Oiya ada yang harus kamu ketahui. Otak juga mempunyai sistem kerja. Jika kerja otak terlalu berat maka otak akan melepaskan ingatan yang tidak berguna.

Untuk itu kita harus meringankan kerja otak. Dengan cara membuat catatan yang singkat dan unik. Catatan bergambar atau diberi warna. Penelitian membuktika otak kita akan lebih lama mengingat warna dari pada tulisan. Atau kamu bisa mencatat dengan pola mind mapping.

Jadi mulai sekarang gunakanlah pulpen berwarna untuk mempermudah daya ingat kamu.

Baca ulang catatan mu

Orang sering menganggap setelah membuat catatan maka selesailah. Padahal belum, bisa jadi apa yang dia catat salah. Sebelum terlalu lama meninggalkan catatan kamu. Sebaiknya setelah kamu mencatat kamu baca ulang.

Saat membaca usahakan suara bisikan bacaan kamu terdengar oleh telinga. Hal ini akan sangat membantu. Ketika kamu membaca, melihat dan mendengar sekaligus. Otak akan menganggap itu sebagai informasi penting.

Lakukan apa yang kamu catat.

Jika catatan kamu berupa panduan atau tutorial. Maka kamu harus mengulanginya. Dengan kamu mengulanginya kamu akan mendapatkan pengalaman langsung. Jika salah kamu bisa melihat atau memperbaiki catatan mu. Oiya menulis Langkah-langah mengerjakan matematika atau rumus itu termasuk tutorial sederhana looh....

Oiya aku da kata-kata bagus untuk mu, wahai pejuang ingatan.... lakukan apa yang kita catat dan catat apa yang kita lakukan.

Jika informasi ini bermanfaat bisa beri komentar di kolom komentar dan share (bagikan) ke teman mu yang lain.

Tulisan ini di buat oleh Suri (SugengRiyanto).
Untuk lebih kenal penulis bisa kunjungi di link media sosial di bagian samping kanan.
Atau klik nama penulis berlabel kuning. 
Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

4 comments

  1. Bagus banged bacaannya buat murid muridku Dan khusus until anak2ku dirumah,Sy sampai saat ini senang sekali jika murid membuat catatan rapih Dan dihias Karena membuat semangat menghapalnya dan lama2 jd membekas di memori otak mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :) semoga dapat sering berkunjung di website kami...

      Delete
  2. Benar sekali, ini cara yg saya gunakan smpai saat ini dan memang efektif. Sedikit tambahan ketika membuat catatan jgn lupa diberi kata kunci itu poin utama dlm mencatat. Lalu, mencatat jg dpt di modifikasi sekian rupa, sesuai minat kita/anak. Misalnya, dgn ornamen gambar atau dibuat komik, bisa jg di ubah jd lirik lagu jika si anak sk menyanyi hihi.. Menghafal jd lbh mudah.
    Terima kasih pak tipsnya sangat membantu, terus berkarya dgn tulisan lainnya di tunggu :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :) semoga dapat sering berkunjung di website kami...

      Delete
silakan beri komentar positif, saran yang membangun dan supportnya