uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

RINGKASAN MATERI KELAS 6 Kesimpulan- MENENTUKAN KESIMPULAN PADA TEKS BACAAN

MENENTUKAN KESIMPULAN PADA TEKS BACAAN

Halo Sobat Cerdik, pada artikel ini kita akan membahas tentang kesimpulan. Tentu sebelumnya kalian masih ingat tentang ide pokok dan kalimat utama yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya. Bagi yang lupa silahkan klik disini !

Kesimpulan

Kesimpulan adalah suatu kalimat yang disampaikan yang diambil dari beberapa premis (ide pikiran) dengan aturan-aturan yang berlaku. Kesimpulan juga bisa disebut gagasan yang tercapai pada akhir pembicaraan.

Perhatikan contoh berikut !


 coba kalian amati lebih mendalam... apakah ada kesesuaian.


Coba kalian perhatikan lebih detail. Apakah kalian sudah menyadari pola dan perbedaan dari kalimat utama, ide pokok dan kesimpulan?  Jika belum simak dan baca baik-baik penjelasan berikut.

Penjelasan 

perhatikan tabel pertama dan baca penjelasan dibawah ini!

Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai daerah, juga di Indonesia. Contohnya, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Kalimat utama

Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai daerah, juga di Indonesia. [ diambil dari awal kalimat pada sebuah paragraf, ingat cara mencari kalimat utama klik disini!]

Ide pokok

Jagung merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. [ide pokok diambil dari kalimat utama, kamu bisa meringas kalimat utama dengan cari meniadakan kata hubung atau kata depan seperti yang, ke, di, me dan lain sebagainya]

Kesimpulan 

Jagung sangat penting di Indonesia. [diambil dari kata yang paling sering muncul atau menjadi pembahasa dalam satu paragraf. Kesimpulan harus mewakili keseluruhan. Oleh karenanya kesimpulan sering mengambil satu atau dua kata dari awal paragraf dan menggabungkan satu atau dua kata dari akhir paragraf, hingga membentuk satu kalimat yang padu]


Mari berlatih!

Tumbuhan Sumber Karbohidrat, Protein, dan Vitamin

Manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jenis tumbuhan yang banyak mengandung sumber energi perlu dikonsumsi setiap hari. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti padi, jagung, dan umbi-umbian.

Manusia dan hewan juga memerlukan makanan yang cukup mengandung protein untuk pertumbuhannya, seperti untuk tumbuh tinggi, besar, dan mengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung protein, sehingga membuat kita tumbuh sehat. Tumbuhan tersebut adalah kacang kedelai yang terdapat pada tahu dan tempe, kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, serta jenis kacangkacangan lain. 

Manusia membutuhkan jenis makanan yang mengandung vitamin. Vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan dan melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung vitamin untuk menjaga tubuh kita agar selalu sehat, yaitu sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan tersebut meliputi bayam, kangkung, kacang panjang, terong, buncis, tomat, pepaya, mangga, apel, jeruk, dan banyak lagi.


Silakan kalian buat tabel seperti pada contoh tabel satu dan dua kemudian tentukan ide pokok dan kesimpulan dari paragraf satu hingga paragraf tiga!

Lanjut Membaca:
Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment