uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Mengenal Brosur dan ciri-cirinya | SBDP Kelas 6

Mengenal Brosur dan ciri-cirinya

Mengenal Brosur dan ciri-cirinya

Brosur adalah salah satu jenis reklame yang sering kita jumpai di jalan-jalan. Brosur biasa ditempel di tempat-tempat strategi atau dibagi-bagikan secara langsung kepada orang-orang di tempat umum.

Tujuan dibuat brosur adalah untuk menyampaikan informasi kepada pembaca. Brosur dibagi menjadi dua jenis yaitu brosur komersial dan brosur non komersial.

Ciri-ciri Brosur

  • Beberapa ciri-ciri brosur yang mesti kita ketahui diantaranya;
  • Brosur memiliki ukuran lebih kecil dari poster. Biasanya berukuran A5.
  • Brosur dapat dijumpai di dinding atau di tempat yang telah disediakan.
  • Brosur berisi ajakan atau informasi untuk melakukan sesuatu.
  • Tulisan pada brosur lebih banyak, tetapi tetap dilengkapi gambar.

Bentuk brosur

Selain ciri-ciri yang terdapat pada brosur. Brosur juga memiliki beberapa bentuk. Diantaranya;

Brosur tanpa lipat

Brosur jenis ini sangat sering kita lihat. Brosur dengan bentuk ini memiliki nama lain yaitu flyer. Brosur ini memiliki informasi singkat dan padat. Brosur jenis ini sering kita lihat dibagiakan langsung di persimpangan jalan atau tempat-tempat yang ramai.

Brosur lipar dua

Brosur jenis ini dilipat menjadi dua bagian hingga memiliki empat halaman. Brosur jenis ini lebih tepat jika kita ingin menampilkan gambar yang lebih besar.

Brosur lipat tiga

Brosur lipa tiga sering kali kita jumpa dikala ada perusahaan sedang memasarkan produknya. Pada brosur jenis ini terdapat enam halam. Setiap halaman dapat diisi dengan gambar dan ilustrasi yang menjelaskan tentang produk. Dan pada sisi lain bisa digunakan untuk menjelaskan produk dengan tulisan secara detail.

Nah itu dia Sobat Cerdik, pengertian dan jenis-jenis brosur. Oiya kita juga dapat membuat brosur sederhana loh. Yuk, Kita simak langkah-langkah pembuatan brosur.

Langkah-langkah mebuat brosur;

  • Menentukan tema dan ide yang akan disampaikan di dalam brosur.
  • Memilih jneis brosur yang akan dibuat, misalnya brosur lipat atau brosur tanpa lipat.
  • Memilih judul yang menarik agar pembaca langsung tertuju pada brosur
  • Mengatur atau merancang tulisan (bentuk huruf dan ukurannya) pada informasi tersebut agar lebih mudah dibaca.
  • Menentukan ukuran gambar dengan tulisan.

Nah itu dia sobat, pembahasan kita tentang brosur. Jika ada kritik, masukan atau saran silakan tulis di kolom komentar. Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman-teman yang lain. Jangan lupa subscribe website kami agar update dengan pembahasan-pembahasan terbaru dari kami. Terimakasih.

Baca Juga :


Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment