uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Mengenal energi fosil dan energi alternatif

Mengenal energi fosil dan energi alternatif

<<<halaman sebelumnya

Energi alternatif

Pengertian energi alternatif

Setelah kita mengetahui asal dan dampak dari energi fosil mari kita memahami juga energi alternatif. Energi alternatif merupakan energi yang ada di bumi dengan jumlah yang tak terbatas. Energi alternatif juga dapat diperbaharui.

Manusia menggunakan energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari, misalnya makanan yang berasal dari kekayaan nabati dan hewan juga air, udara, panas bumi, cahaya matahari dan angin. Kesemuanya ada di bumi dalam jumlah tak terbatas.

Contoh energi alternatif

Air

Manusia menggunakan air selain untuk minum juga digunakan sebagai sumber energi alternatif yang tak terbatas. Energi kinetik (gerak) yang terdapat pada air dimanfaatkan dengan baik oleh manusia.

 Air yang mengalir dari tinggi ke rendah dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin. Gerakan turbin akan diubah menjadi energi listrik yang kita gunakan sekarang. Itulah prinsip kerja PLTA.

Cahaya matahari

Cahaya matahari sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan kehidupan makhluk hidup dimuka bumi. Selain untuk fotosintesis untuk tumbuh, sinar matahari juga sangat berguna untuk manusia.

Radiasi sinar matahari sering dimanfaatkan untuk proses penjemuran. Dan lebih dari itu, semenjak ditemukan teknologi pengubahan panas sinar matahari menjadi listrik. Cahaya matahari menjadi sumber energi yang sangat melimpah.

Angin

Selain air dan sinar matahari. Angin juga sangat melipah di bumi. Manusia awalnya memanfaatkan angin berlayar. Namun seiring perkembangan zaman. Energi kinetik pada angin juga mampu membangkitkan energi listrik yang sangat berguna untuk manusia.

Bio Solar

Bio solar atau bio disel adalah salah satu bahan bakar alternatif yang terbuat dari minyak nabati (tumbuh-tumbuhan) yang berasal dari berbagai jenis biji-bijian.

Beberapa jenis biji-bijian yang dapat dijadikan bio solar diantaranya, kemiri, biji jarak pagar, nyamplung, kacang tanah dan biji kapuk serta masih banyak lainnya.

Bio Gas

Selain bio solar, di abad 21 ini juga manusia menemukan bio gas. Bio gas adalah gas yang dihasilkan dari fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk diantarnya kotoran manusia dan kotoran hewan serta limbah domestik atau yang sering kita kenal sebagai limbah rumah tangga.

Nah itu dia, materi kita tentang energi fosil dan energi alternatif. Silakan berikan komentar positif mu, jangan lupa share artikel ini pada teman-teman mu. Dan subscribe web ini agar kamu tidak ketinggalan informasi. Sampai jumpa.

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment