uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

Apa saja yang mesti dilakukan di masa new normal atau normal baru.


New normal atau normal baru adalah kondisi dimana kita harus mengikuti peraturan-peratauan baru yang ditetapkan dalam kegiatan sehari-hari dalam jangka waktu  panjang. Nah, di tengah pandemic yang tak tau ujungnya kita harus segera menyesuaikan diri terhadap keadaan. Penyesuaian diri bertujuan untuk mempertahankan diri agar tak terjangkit virus covid 19.

Kita dihimbau untuk tetap di rumah demi memutus rantai penyebaran virus. Namun yang menjadi dilema banyak orang yang harus keluar rumah untuk bekerja demi menafkahi keluarganya. Sebenarnya kita tidak dilarang untuk keluar dari rumah asalakan memenuhi persyaratak keamanan, seperti penggunaan masker, sarung tangan dan lainnya.

Perlahan kita menuju normal baru. Nah apa saja yang mesti dilakukan pada saat normal baru?

Tetap menjaga kebersihan

Salah satu kunci hidup sehat adalah tetap menjaga kebersihan. Kebersihan diri, kebersihan lingkungan, dan kebersihan alat-alat yang kita sering gunakan. Jangan sampai kita abai atau lalai pada kebersihan. Karena kita tidak pernah tahu kapan kondisi badan kita menurut. Oiya, tetap rajin cuci tangan dengan sabun.

Baca Juga : Corona di persimpangan pandemic atau konspirasi

Menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan bisa dengan menjaga pola makan, dengan gizi yang seimbang. pola istirahat dengan tidur yang cukup dan pola olahraga. Dengan keteraturan itu kita dapat tetap menjaga stamina dan meminalisir virus masuk kedalam tubuh.

Tetap menggunakan masker

Karena virus covid 19 ini menyerang saluran pernapasan dan juga pencernaan yang mana saluran utamanya ada di mulut dan hidung. Maka menggunakan masker adalah Langkah pencegahan yang sangat baik. Tidak perlu menggunkan masker yang mahal. Cukup menggunakan masker kain, asalkan kebersihannya terjamin.

Jika perlu lapisi maskermu dengan menggunakan tisu untuk menyaring partikel yang lebih kecil, yang tidak dapat disaring oleh kain.

Baca Juga : Tips mengingat cepat (bagian pertama).

Hindari keramaian

Hindari kerumunan. Karena dengan demikian kita akan meminimalisir penularan. Kita bisa mengkontrol diri kita dalam kerumunan tapi kita tidak bisa mengkontrol orang lain. Jadi sebaiknya hindari kerumunan.

Tetap jaga jarak

Janga jarak tetap harus dilakukan. Jangan berdekat-dekatan dengan orang yang kita tidak bisa tahu atau tidak bisa jamin kesehatan dan kebersihannya. Tidak perlu bersalaman dengan berjabat tangan. Cukup memberikan isyarat penghormatan atau isyarat sapaan saja.

Manfaatkan teknologi dengan baik

Jika kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan sarana teknologi maka maksimalkanlah. Dengan mengurangin interaksi langsung berarti kita juga memperkecil peluang penularan virus pada diri kita.

Rajin menjemur badan di bawah matahari pagi

Studi lanjutan menemukan bahwa banyak banyak penderitan COVID 19 mengalami kekurangan vitamin D. Namun tidak disaranakan kita untuk mengkonsumsi vitamin D. cukup dengan berjemur.

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment