uCO8uJcd2NOW77jAZ4AbbiNUmGHcS2tFraLMRoIi

8 Manfaat tidur siang

8 Manfaat tidur siang, tidur siang dan kesehatan, tidur siang meningkatkan kratifitas, tidur siang dan cara kerja otak, manfaat nyata tidur siang. idur siang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tentu tidur siang yang bukan berlebihan yang dihabiskan berjam-jam. Tidur siang yang dilakukan dengan efektif hanya membutuhkan waktu 15 sampai 30 menit, bahkan jika lebih dari 45 menit khasiat tidur siang akan menurun. Jadi pola tidur siang ini dapat dilakukan seletah melaksanakan ibadah sholat dzuhur atau setelah makan siang.

Kita tentu pernah bertanya manfaat tidur siang, apakah tidur siang hanya membuang waktu saja? Bahkan ada yang beranggapan tidur siang adalah budaya pemalas. Nah pada kesempatan  ini kita akan membahas beberapa manfaat tidur siang.

Tidur siang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tentu tidur siang yang bukan berlebihan yang dihabiskan berjam-jam. Tidur siang yang dilakukan dengan efektif hanya membutuhkan waktu 15 sampai 30 menit, bahkan jika lebih dari 45 menit khasiat tidur siang akan menurun. Jadi pola tidur siang ini dapat dilakukan seletah melaksanakan ibadah sholat dzuhur atau setelah makan siang.

Berikut adalah 8 manfaat tidur siang;

1. Mengistirahatkan badan

Badan yang sudah mengalami kelelahan akibat kerja dari pagi sampai siang tentu harus di istirahatkan. Dengan tidur siang otot-otot pada tubuh menjadi rilex dan kendur, hingga keteganggan otot seperti pegal-pegalpun dapat terminimalisir.

2. Meringankan kerja otak

Otak adalah salah satu organ tubuh yang tidak pernah istirahat. Walaupun dalam kondisi tidur, otak manusia tetap berkerja. Namun pada saat manusia mengoprasionalkan atau menggunakan seluru organ tubuh kerja otak akan berkali-kali lipat hingga kadang kita cepat Lelah.

Oleh karena itu, kita butuh memberikan keringanan untuk otak kita berkerja dengan cara tidur siang. Untuk memberikan waktu saraf-saraf pada otak kembali rilex.

3. Mengatur emosi dan tingkat stress

Orang yang kurang tidur cendurng mengalami tingkat stress yang tinggi. Dan sering juga kita melihat orang yang kurang tidur nampak emosional. Ini berkaitan dengan baban kerja organ tubuh yang kelelahan dan juga otak yang mengalami kelelahan.

Dengan tidur siang hormon-hormon yang terdapat di otak kita tidak mengalami kekurangan ataupun kelebihan. Dan tetap pada kondisi seimbang. Dengan demikian emosi dan tingkat stress akan terkendali dan terjaga.

Baca Juga : tips mengingat cepat 

4. Meningkatkan kreativitas

Orang yang tidur siang dapat menjadi manusia yang lebih kreatif dibanding yang tidak tidur siang. Tidur siang juga menjadi tradisi di Jepang. Perusahaan mengizinkan karyawannya untuk tidur siang selepas makan siang, untuk menjaga produktivitas mereka.

Karena dengan tidur siang, orang dapat melepaskan tekanan-tekanan yang didapat sebelum tidur.

5. Meningkatkan daya ingat

Dengan kondisi otak yang rilex maka dapat dipastikan ketika memulai aktifitas otak akan berkerja lebih optimal lagi. Dalam kondisi seperti ini ketika seorang anak belajar maka ingatnya akan lebih kuat dibandingkan ketika ia dalam kondisi lelah.

6. Imunitas terjaga

Orang yang menjaga waktu tidur siang dengan rutin juga jarang terkena penyakit dikarenakan imun tubuh tetap terjaga. Dengan tidur siang akan menjaga kadar protein anti virus pada tubuh.

7. Menjaga kondisi jantung

Diketahui juga bahwa tidur siang dapat mempengaruhi kondisi jantung. Dengan tidur siang kita dapat menurutkan tekanan darah dan dapat memungkinkan kardiovaskular untuk pulih kembali. Sebuah penelitian penunjukan bahwa tidur siang selama setengah jam dalam waktu tiga kali seminggu dalam menurunkan resiko gagal jantung lebih dari tiga puluh persen.

8. Pengobatan non-obat

Ada beberapa penyakit seperti migrain, dan nyeri pada otot dapat dihindari dengan menjaga pola tidur siang.

Nah, itu dia beberapa manfaat tidur siang. Bagi sobat Cerdik yang merasa terbantu akan informasi ini boleh tinggalkan kesan dan pesan di kolom komentar. Tetap jaga kesehatan. Sehat itu murah sakit itu mahal. Pola hidup sehat adalah kuci kesehatan.

Baca Juga : 4 kebaikan tidur siang

Related Posts
Sugeng Riyanto
Aktif mengajar di SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Purna PSP3 Kemenpora XXIV. Pernah menjadi sukarelawan UCFOS PK IMM FKIP UHAMKA. Kini tercatat sebagai salah satu guru penggerak angkatan 7. Penulis Buku "Pendidikan Tanpa Sekolah. Suka berpergian kealam bebas, Menulis berbagai jenis artikel.

Related Posts

Post a Comment